Translate

Ketahui Akibat Menahan Buang Angin


Medan Foto - Buang angin adalah aktivitas yang normal untuk dilakukan semua manusia. Gas yang keluar dari tubuh ini muncul karena proses fermentasi makanan yang dicerna di usus.

Proses fermentasi yang melibatkan bakteri ini menciptakan gas yang terkadang dibarengi dengan bau yang tidak menyenangkan. Itulah sebabnya buang angin terkadang menjadi hal yang memalukan dan orang memilih untuk menahannya.

Lantas apa yang akan terjadi di dalam perut jika menahan buang angin? Menurut penelitian yang dilakukan di NYU Langone Medical Center, menahan buang angin bisa menimbulkan masalah di perut terutama menyebabkan kembung dan rasa nyeri.

Nyeri ini muncul karena gas buang angin yang mengandung hidrogen sulfida menekan dinding usus. Dan ketika Anda terus menerus menahannya, perut bisa menjadi terasa sangat kaku. Itulah sebabnya alangkah bijaksana jika Anda tidak menahan buang angin.

Apa yang bisa dilakukan untuk meminimalisir keadaan yang memalukan karena bau gas tersebut? Dilansir merdeka.com, Senin, menurut beberapa penelitian ada hal yang bisa Anda lakukan agar buang angin tidak terlalu bau yaitu kurangi mengonsumsi makanan dengan kadar lemak atau rasa pedas yang tinggi. Sebab makanan tersebut akan menghasilkan karbondioksida dalam jumlah yang besar yang membuat gas yang keluar dari tubu jadi bau. (Fom/int)

0 komentar:

Back to Top